Umas Pest Control

Diskusi Dengan Ahli

0813 3755 3373

umas jakarta

Virus PMK Makin Meluas. Apa Virus Ini Berbahaya Bagi Manusia ?

Kategori
Desinfektan Kelapa Gading

Baca Juga: Membasmi Virus dan Bakteri dengan Penyemprotan Desinfektan

Belum lama kita di serang oleh wabah dari Covid-19, kini Indonesia sedang dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ). Meskipun penyakit ini lebih menyerang ke hewan ternak seperti sapi, kambing dan lainnya. Akan tetapi kita harus tetap waspada dengan penularan penyakit ini.

Apa Itu Virus PMK?

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD), merupakan penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus Aphthovirus. Virus ini sangat menular dan menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan babi. PMK menimbulkan kerugian ekonomi yang signifikan bagi peternak dan industri peternakan.

Penyebab Wabah PMK

Wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang melanda Indonesia saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Virus Aphthovirus:

  • Virus ini sangat menular dan menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan babi.
  • Virus ini dapat bertahan hidup di lingkungan selama berhari-hari dan mudah terbawa angin.

2. Masuknya Virus ke Indonesia:

  • Diduga virus PMK masuk ke Indonesia melalui impor hewan ternak atau produk hewan ternak yang terkontaminasi virus.
  • Kurangnya biosecurity di peternakan dan perdagangan hewan yang tidak terkontrol juga mempermudah penyebaran virus.

3. Faktor Lain:

  • Cuaca yang hangat dan lembab dapat mempercepat penyebaran virus.
  • Populasi hewan ternak yang padat di beberapa daerah juga mempermudah penularan virus.

Dampak PMK bagi Hewan Ternak

Hewan Ternak sangat berdampak terhadap virus ini. Virus PMK ini akan membuat hewan ternak seperti sapi tersiksa sampai akhirnya mati.

Virus PMK ini akan menyerang daerah blister atau kantung besar yang berisi air yang berkembang pada kulit. Jika kantung ini pecah akan menyebabkan luka terbuka dan membuat perih bagi yang terinfeksi. Dan luka ini juga akan muncul pada bagian kaki sehingga membuat hewan kesulitan berjalan ke tempat makan dan minum.

Dampak PMK bagi Manusia

Bagi manusia menurut data dari Agriculture Victoria, PMK ini tidak menjadi masalah yang serius. Hal ini karena penularan dari hewan ke manusia sangat jarang untuk di temukan. Manusia akan dengan mudah untuk membawa virus ini di hidungnya selama 24 jam dan dengan mudah untuk menyebarkan ke hewan lainnya.

Itulah pentingnya bagi kita untuk selalu menjaga Kesehatan dari hewan ternak kita. Penyemprotan desinfektan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi wabah dari virus PMK ini. Penyemprotan desinfektan bisa dilakukan secara mandiri di rumah atau dengan menggunakan jasa desinfektan profesional.

UMAS Jasa Desinfektan Virus

Untuk mencegah penularan dari wabah Virus PMK, selain dengan menjaga kebersihan dari kendang dan hewan ternak, tentunya diperlukan juga penyemprotan desinfektan agar penyebaran virus bisa terkendali.

Umas Pest Control hadir untuk melayani jasa penyemprotan desinfektan kelapa gading. Jangan biarkan hewan ternak kita terserang wabah virus mematikan. Pastikan kita selalu memberikan yang terbaik untuk hewan ternak kita agar tetap sehat dan aman.

5/5 - (3 votes)
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Andi

Good

Kategori
RECENT POSTS