Umas Pest Control

Diskusi Dengan Ahli

0813 3755 3373

umas jakarta

Mengenal Bionomik Kecoa Secara Lengkap

Kategori

Mengenal Bionomik Kecoa Secara Lengkap

Kecoa merupakan salah satu jenis serangga yang sering ditemui disekitar lingkungan tempat tinggal kita. Spesies kecoa hingga kini tercatat lebih dari 4.500 telah diidentifikasi.

Serangga ini termasuk phylum arthropoda,kelas insekta,dan salah satu insekta yang termasuk ordo orthoptera (bersayap dua) dengan sayap yang di depan menutupi sayap yang dibelakang dan melipat seperti kipas.

1. Caput (kepala)

Pada bagian kepala terdapat mulut yang digunakan untuk mengunyah atau memamah makanan. Ada sepasang mata majemuk yang dapat membedakan gelap dan terang. Di kepala terdapat sepasang antenna yang panjang,alat indera yang mendeteksi bau-bauan dan vibrasi di udara. 

Dalam keadaan sitirahat kepalanya ditundukan ke bawah pronotum yang berbentuk seperti perisai.

2. Thorax (dada)

Pada dada  terdapat tiga pasang kaki dan sepasang sayap yang menyebabkan kecoa dapat terbang dan berlari dengan cepat.

3. Abdomen (perut)

Badan atau perut kecoa merupakan bangunan dan sistem perroduksi. Kecoa akan mengandung telur-telurnya sampai telur-telur tersebut siap menetas.

Siklus Hidup Kecoa

1. Telur

Telur dihasilkan oleh kecoa betina secara bergerombol  dan dilindungi oleh kulit keras yang disebut ootheca.

2. Nimfa (kecoa muda)

Bentuknya seperti kecoa dewasa kecuali ukurannya lebih kecil. Nimfa tidak mempunyai sayap dan organ seksualnya belum berkembang. Pertumbuhan terjadi dengan keluarnya eksoskleton dari tubuhnya.

3. Dewasa

Kecoa jantan lebih cepat dewasa dibandingkan kecoa betina,karena kecoa mengalami pergantian kulit yang lebih sedikit selama menjadi nimfa. Kecoa dewasa mempunyai 2 pasang sayap.

Pada kecoa jantan memiliki sayap menutupi bagian abdomennya. Kecoa hidup secara berkelompok daan mencari makan di tempat yang sama.Pada masa kawin kecoa jantan akan mengeluarkan cairan sperma yang cukup untuk membuahi telur-telur betina selama hidup.

Telur kecoa berada dalam kelompok yang diliputi oleh selaput keras yang menutupinya kelompok telur kecoa tersebut dikenal sebagai kapsul telur atau ootheca. 

Kapsul telur dihasilkan oleh kecoa betina dan diletakkan pada tempat tersembunyi atau pada sudut-sudut dan pemukaan sekatan kayu hingga menetas dalam waktu tertentu yang dikenal sebagai masa inkubasi kapsul telur.

Jasa Basmi Kecoa di Jakarta Utara

Jika Anda memiliki permasalahan kecoa, Umas dapat membantu mengatasinya. Telah berdiri lebih dari 10 tahun menangani ribuat customer.

Dapatkan pengecekan gratis pada tempatmu!

Rate this post
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Kategori
RECENT POSTS