Umas Pest Control

Diskusi Dengan Ahli

0813 3755 3373

umas jakarta

Mengapa Tikus Menggigit Kabel Listrik? Berikut Cara Mengatasinya

Tikus menggigit Kabel Listrik

Baca Juga: Mengatasi Tikus Pada Kamar Hotel: Solusi Tepat dengan Jasa Pest Control Menteng

Mengapa Tikus Menggigit Kabel Listrik? Berikut Cara Mengatasinya

Tikus merupakan hewan penghuni dari rumah yang sulit untuk di hindari. Meskipun sudah membersihkan area rumah sebaik mungkin, akan tetapi keberadaan tikus sangat sulit untuk di usir.

Selain kotor dan menjijikan, tikus juga bisa menjadi perusak komponen listrik di rumah. Salah satu yang sering di rusak adalah kabel listrik. Tikus yang menggigit kabel listrik merupakan masalah umum di banyak rumah dan bisnis. Kebiasaan ini dapat merugikan tidak hanya bagi properti tetapi juga menimbulkan risiko kebakaran serius. Dalam pengenalan ini, kita akan mengeksplorasi mengapa tikus cenderung menggigit kabel listrik dan berbagai konsekuensinya. 

Kabel listrik merupakan salah satu komponen terpenting di rumah yang seharusnya kita jaga dengan baik. Peralatan elektronik bisa berfungsi dengan baik jika kabel listrik bisa terjaga dari gigitan tikus. Jika tikus merusak kabel ini, tentunya bisa menyebabkan kerusakan yang fatal seperti konsleting listrik bahkan menyebabkan kebakaran.

Mengapa Tikus Menggigit Kabel Listrik

Kebiasaan Mengasah Gigi

Tikus memiliki gigi yang terus tumbuh sepanjang hidupnya, dan mereka perlu mengasah gigi untuk menjaga panjangnya tetap sesuai. Kabel listrik yang terbuat dari bahan seperti plastik atau karet memberikan tekanan yang baik untuk mengatasi pertumbuhan gigi mereka.

Pencarian Makanan dan Kebutuhan Gizi

Tikus sering mencari makanan dan kebutuhan gizi di sekitar lingkungan mereka. Kabel listrik seringkali terdapat di area yang dianggap tikus sebagai jalur potensial menuju sumber makanan. Selain itu, bahan-bahan di sekitar kabel juga dapat memberikan rasa yang menarik bagi tikus.

Faktor Lingkungan yang Memicu Tingkat Stres Tikus

Lingkungan yang stres, misalnya karena keberadaan predator atau perubahan lingkungan, dapat membuat tikus mencari cara untuk meredakan stres mereka. Menggigit kabel listrik bisa menjadi perilaku yang meredakan kecemasan atau stres pada tikus.

Melalui pemahaman faktor-faktor ini, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif untuk mengurangi kecenderungan tikus menggigit kabel listrik di lingkungan rumah atau tempat lainnya.

Dampak Kerusakan Kabel Listrik oleh Tikus

jasa pembasmi tikus jakarta
  1. Potensi Bahaya Kebakaran
    • Kabel Terbuka:
      Gigitan tikus dapat mengakibatkan terbukanya lapisan pelindung kabel listrik. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran di dalam rumah atau gedung
    • Isolasi Tertutup:
      Tikus yang menggigit kabel dapat menyebabkan isolasi kabel rusak. Jika kabel tersebut digunakan untuk daya tinggi atau daya besar, ini dapat meningkatkan suhu kabel dan berpotensi menyebabkan kebakaran.
  2. Biaya Perbaikan dan Dampak Finansial
    • Biaya Perbaikan Kabel:
      Kerusakan kabel listrik memerlukan perbaikan, yang dapat melibatkan penggantian sebagian atau seluruh kabel. Biaya perbaikan ini bisa signifikan tergantung pada tingkat kerusakan dan kompleksitas instalasi listrik.
    • Kerusakan Perangkat Elektronik:
      Selain kabel listrik, tikus yang masuk ke dalam rumah juga dapat merusak perangkat elektronik seperti televisi, komputer, atau peralatan dapur, menambah biaya perbaikan atau penggantian.
  3. Gangguan pada Layanan Listrik dan Perangkat Elektronik
    • Gangguan Pasokan Listrik:
      Kerusakan kabel listrik oleh tikus dapat menyebabkan gangguan pasokan listrik di rumah atau gedung, memengaruhi kegiatan sehari-hari dan kenyamanan penghuni.
    • Kerusakan Perangkat Elektronik:
      Selain menyebabkan gangguan listrik, kerusakan pada kabel juga dapat merusak perangkat elektronik yang terhubung, menghambat fungsionalitas dan efisiensi peralatan tersebut.

Pemahaman akan dampak-dampak ini dapat memotivasi langkah-langkah pencegahan yang lebih aktif untuk melindungi kabel listrik dari gigitan tikus dan menjaga keamanan serta keandalan sistem listrik di rumah atau gedung.

Cara Mencegah Tikus yang Menggigit Kabel Listrik

Jasa pembasmi tikus jakarta timur

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa mencegah tikus menggigit kabel secara ampuh

Rapikan susunan kabel

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah denga merapikan susunan dari kabel elektronik di rumah. Ini biasa terjadi di rumah, banyak kondisi kabel yang saling berbelit satu sama lainnya. Kondisi inilah yang mengundang untuk tikus datang ke tempat kita. Segeralah rapikan kabel yang berantakan untuk menghindari tikus datang dan bersarang.

Gunakan pelindung kabel

Menggunakan pelindung kabel merupakan cara usir tikus yang bisa digunakan. Meskipun kabel itu sudah memiliki lapisan yang cukup tebal, akan tetapi tikus akan menemukan banyak cara untuk bisa merusak komponen dari kabel.

Jika ini dibiarkan begitu saja, akan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Salah satunya adalah adanya konsleting listrik bahkan lebih parahnya terjadi kebakaran. 

Pelindung kabel yang bisa digunakan seperti pelindung spiral yang banyak di jual di pasaran. Selain itu bisa menggunakan penutup kabel agar terlindungi dari tikus dan membuat kabel menjadi lebih rapi. 

Gunakan wangian yang menyengat

Tikus ini sangat tidak suka dengan wangian atau aroma yang menyengat. Mereka akan menghindari tempat yang mempunyai wangi yang menyengat. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus. Salah satunya yang bisa digunakan adalah papermint, cabai, kapur barus maupun jeruk. 

Kebersihan lingkungan

Cara usir tikus selanjutnya bisa dengan menjaga kebersihan lingkungan. Tikus tidak akan senang dengan lingkungan yang bersih dan rapi. Justru yang disenangi oleh tikus adalah keadaan yang berantakan dan tidak terawat. Inilah pentingnya selalu menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun cara ini tidak sepenuhnya bisa mengusir tikus secara total.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Karbol dengan Bijak untuk Mengusir Tikus dari Rumah Anda

Pelihara kucing di rumah

Memelihara kucing mungkin bisa menjadi pilihan lain untuk mencegah adanya tikus. Secara alami tikus sudah dikenal sebagai musuh dari tikus. Selain bermanfaat untuk mengusir tikus, kucing sendiri bisa menjadi hiburan dikala kita bosan di rumah.

Jasa usir tikus profesional

Cara terakhir yang bisa di lakukan untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan jasa pembasmi tikus secara profesional. Caranya adalah dengan menghubungi UMAS Pest Control yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun di bidang Pest Control. Tuntaskan masalah tikus segera dengan menggunakan jasa dari UMAS Pest Control.

UMAS Jasa Pembasmi Tikus

Jika kamu mempunyai masalah dengan tikus di tempat kamu, tenang cukup dengan UMAS Pest Control saja. Jasa pembasmi tikus yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi. Dan di dukung oleh teknisi yang sudah profesional. Yuk dari sekarang cegah perkembangan dari tikus sebelum mengganggu kamu.

Rate this post
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
RECENT POSTS