Umas Pest Control

Diskusi Dengan Ahli

0813 3755 3373

umas jakarta

Bahaya Tikus di Lingkungan Rumah: Cara Menghadapinya

Kategori
Jasa Pembasmi Tikus Kemayoran Strategi Menutup Akses Tikus

Bahaya Tikus – Hewan ini mungkin terlihat kecil dan tidak berbahaya, tetapi mereka bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan berkeliaran di lingkungan rumah. Tikus dapat menyebabkan kerusakan pada properti, menyebarkan penyakit, dan menjadi gangguan yang merusak ketenangan rumah tangga. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bahaya tikus di lingkungan rumah dan memberikan panduan tentang cara menghadapinya.

Bahaya Tikus di Rumah

Tikus merupakan binatang hama pengerat yang sangat suka menyerang tanaman dan rumah. Keberadaan tikus ini juga bisa menyebarkan penyakit yang sangat berbahaya dan juga membuat lingkungan kita menjadi tidak sehat.

Tikus adalah hewan pengerat yang sangat serbaguna dan adaptif. Mereka bisa hidup di berbagai lingkungan, termasuk di dalam rumah. Tikus akan mencari makanan, tempat berteduh, dan tempat berkembang biak di sekitar rumah, dan inilah yang membuat mereka menjadi ancaman. Berikut adalah beberapa bahaya tikus di lingkungan rumah:

  1. Kerusakan Properti: Tikus akan menggigiti kabel listrik, pipa, dan benda-benda lainnya. Ini bisa menyebabkan kerusakan serius dan bahkan potensi bahaya kebakaran.
  2. Penyakit: Tikus adalah pembawa penyakit yang serius seperti leptospirosis, hantavirus, dan salmonellosis. Mereka dapat menularkan penyakit ini kepada manusia melalui air seni, tinja, atau gigitan.
  3. Mengganggu Kesehatan: Kehadiran tikus di dalam rumah dapat mengganggu tidur dan menyebabkan stres. Kotoran dan urin tikus juga dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam rumah.
  4. Kerusakan pada Makanan: Tikus suka mengunyah bahan makanan dan dapat mengkontaminasi persediaan makanan dengan kotoran dan urin mereka.

Bagi sebagian orang yang merasakan akibat dari tikus ini, mereka akan menggunakan jasa pembasmi tikus. Karena dengan jasa ini bisa dengan ampuh untuk menangani bahaya tikus yang meresahkan. Nah sebenarnya seperti apa tanda tanda jika ada tikus di lingkungan rumah kita.

Tanda Tanda Keberadaan Tikus

jasa pembasmi tikus surabaya

Melihat Kotoran di Sekitar Rumah

Hal pertama yang bisa kita lihat dari keberadaan tikus adalah dengan adanya kotoran yang di tinggalkan. Kotoran tikus akan sangat mudah di jumpai di area kulkas, lemari, laci dan tempat tertutup lainnya. Biasanya kotoran tikus berwarna hitam dan gelap. Jika kotoran tikus ini sudah terlalu lama maka akan sangat mudah hancur ketika kita sapu. Jika semakin banyak kita temui kotoran tikus di satu titik, maka populasi tikus sudah semakin banyak.

Barang di Sekitar Bekas Gigitan Tikus

Pertanda yang bisa kamu lihat untuk keberadaan tikus adalah dengan adanya bekas gigitan tikus di area rumah kamu. Tikus akan menggigit apa saja yang mereka suka. Biasanya mereka akan menggigit mulai dari alat elektronik, buku, pakaian bahkan barang berharga lainnya. Sebaiknya kamu harus berhati hati jika kamu sudah menemukan tanda tanda ini.

Bau Tidak Sedap

Selanjutnya ketika tikus berada di lingkungan kamu adalah adanya bau tidak sedap. Bau muncul karena tikus mengeluarkan urine dan membuat aroma yang pekat. Jika kamu sudah menemukan sumber bau dari tikus segeralah untuk membersihkannya sebelum bisa menyebarkan penyakit berbahaya.

Jejak Kaki Tikus

Jejak kaki tikus ini  bisa kalian lihat dengan menggunakan lampu senter. Meskipun kecil, jejak kaki dari tikus masih bisa kita lihat dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh kaki tikus yang masih mengandung lumpur. Jejak kaki dari tikus ini kita akan sering jumpai di daerah dinding ataupun lantai rumah. Jadi memang tidak akan sulit untuk kita menemukan jejak kaki dari tikus. Karena tikus akan selalu melalui jalur tersebut untuk keluar masuk.

Menemukan Letak Sarang Tikus

Tikus akan senang membuat tikus dari tumpukan kain, kertas, bahkan tumpukan tanaman kering.  Jika diantara kalian menemukan hal ini segeralah untuk di bersihkan agar tikus tidak datang lagi. Jika lingkungan kita bersih maka tikus akan enggan untuk datang lagi ke tempat kita.

Nah itulah beberapa tanda tanda yang bisa kita kenali untuk mengetahui kehadiran dari tikus. Tikus jika kita biarkan akan dengan sangat mudah untuk menyebarkan penyakit di lingkungan kita.

Cara Menghadapi Tikus di Rumah

Untungnya, ada beberapa cara untuk menghadapi masalah tikus di rumah Anda:

  1. Menjaga Kebersihan: Menjaga rumah dan lingkungan sekitarnya tetap bersih adalah kunci untuk mencegah tikus masuk. Pastikan makanan disimpan dalam wadah kedap udara, dan bersihkan dengan teratur.
  2. Menghalangi Akses: Periksa rumah Anda untuk retakan atau lubang yang bisa menjadi pintu masuk bagi tikus. Tutup lubang-lubang ini dengan bahan yang sesuai.
  3. Penggunaan Perangkap: Perangkap tikus adalah cara yang efektif untuk mengendalikan populasi tikus di dalam rumah. Pastikan untuk meletakkan perangkap di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.
  4. Pertimbangkan Bantuan Profesional: Jika Anda memiliki infestasi tikus yang parah, memanggil profesional pengendalian hama mungkin diperlukan. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk menangani masalah ini dengan efektif.
  5. Waspadai Gejala Penyakit: Jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala yang mencurigakan setelah terpapar tikus atau tempat tinggal mereka, segera cari perawatan medis.

Kesimpulan

Tikus di lingkungan rumah dapat menjadi ancaman serius, tetapi dengan tindakan pencegahan yang tepat dan langkah-langkah pengendalian, Anda dapat mengatasi masalah ini. Pastikan untuk menjaga kebersihan rumah, menghalangi akses tikus, dan segera mengambil tindakan jika masalahnya menjadi parah. Dengan demikian, Anda dapat menjaga properti dan kesehatan keluarga Anda dari bahaya tikus.

Rate this post
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kategori
RECENT POSTS