Umas Pest Control

Diskusi Dengan Ahli

0813 3755 3373

umas jakarta

Bagaimana Siklus Nyamuk DBD?

Bagaimana Siklus Nyamuk DBD?

Jasa fogging nyamuk Jakarta – Demam berdarah masih menjadi permasalahan besar di seluruh dunia yang belum terselesaikan sampai saat ini. Faktor belum terputusnya permasalahan ini ada pada daerah tropis dan subtropis. 

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti, Aedes Albopictus, dan Aedes Scutellaris. Virus dengue berkembang biak dengan cara membelah diri. Virus ini terdapat pada kelenjar air liur nyamuk yang terinfeksi, virus akan berpindah Bersama air liur nyamuk Ketika nyamuk menggigit manusia.

Cara Penanganan Nyamuk DBD

Keberadaan jentik nyamuk merupakan indikator terdapatnya populasi nyamuk Aedes Aegypti di daerah tersebut. Penanggulangan penyakit DBD lebih sulit karena mengalami permasalahan yang cukup kompleks, karena penyakit ini belum ditemukan obatnya. 

Tetapi cara paling baik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan pemberantasan jentik nyamuk melalui berbagai cara salah satunya dengan metode fogging atau pengasapan dimana sangat efektif karena melalui metode fogging  atau pengasapan dapat menjangkau area2 yang kemungkinan menjadi sarang nyamuk dan untuk mengurangi populasi penularannya perlu diketahui hubungan kondisi lingkungan fisik, container, dan perilaku masyarakat dengan keberadaan jentik nyamuk.

Intip Siklus Hidup Nyamuk DBD

Keseluruhan daur hidup nyamuk berlangsung selama 8-10 hari. Atau rata-rata waktu yang diperlukan sekali siklus hidup Aedes Aegypti dari larva instar 3 (L3) menjadi pupa yaitu 45 jam 54 menit dan pupa menjadi dewasa 32 jam 41 menit. Lama hidup dewasa adalah 54 hari 4 jam 48 menit untuk betina dan jantan 42 hari 14 jam 24 menit, yang artinya nyamuk jantan umurnya lebih pendek dibandingkan dengan nyamuk betina.

Nyamuk dapat bertelur didalam maupun diluar rumah.  Nyamuk betina bertelur sampai 5 kali selama hidupnya dan akan mengeluarkan 100 telur dalam sekali bertelur. Dan secara fisik telur nyamuk tampak seperti kotoran berwarna hitam dan secara tidak langsung manusia tidak akan menyadari keberadaan jentik nyamuk yang ada di sekitar kita.

Waktu paling aktif untuk mencari mangsanya adalah sekitar 2 jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Selain waktu itu mereka juga bisa menggigit pada malam hari di lokasi dengan penerangan yang baik.

Jasa fogging nyamuk Jakarta

Perkembangbiakan nyamuk yang begitu cepat perlu dicegah sedini mungkin. Fogging merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan. Aktivitas ini dapat membantu membasmi nyamuk dewasa. Umas Pest Control telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam nenangani hama khususnya nyamuk.

Rate this post
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
RECENT POSTS